Kamis, 19 Januari 2023

Pendampingan Marketing UMKM di Desa Gili Barat oleh KKNT 06 UTM

Pendampingan digital marketing UMKM adalah kegiatan yang diadakan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dalam hal pemasaran produk-produk UMKM yang ada di Desa Gili Barat. Tujuannya yaitu untuk membantu, mengarahkan, dan mendukung UMKM dalam mengembangkan usahanya melalui penerapan digital marketing. Alasan mengadakan kegiatan ini, karena setelah dilakukan analisis dan wawancara ditemukan hal yang menghambat proses jual beli yaitu di pemasarannya. 

Penjualan produk kacang sembunyi sebenarnya sudah dilakukan di Pusat Oleh-oleh Nusa Indah Kecamatan Bangkalan. Meski pemasarannya telah sampai di pusat oleh-oleh, penjualan produk kacang sembunyi ini masih kurang maksimal dikarenakan pemasarannya yang terbatas dari mulut ke mulut dan hanya melalui media sosial Whatsapp. Hal tersebut dirasa belum optimal dalam pemasaran di era saat ini yang serba canggih dan memudahkan. Namun, pelaku UMKM kacang sembunyi kurang mengetahui atau memahami terkait digital marketing. Dengan hal tersebut maka kelompok pengabdian masyarakat 06 memberikan pelatihan dan pendampingan baik secara materi maupun praktik cara memasarkan produk via digital marketing. 
Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2022 pukul 10.00 di Balai Desa Gili Barat dengan sasaran pelaku UMKM kacang sembunyi. Target pemasaran yaitu di marketplaces shopee. Memilih marketplaces shopee dikarenakan marketplaces tersebut menjadi marketplaces yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Harapan dilakukan pelatihan dan pendampingan UMKM yang ada di Desa Gili Barat khususnya kacang sembunyi diharapkan produk kacang sembunyi dapat meningkatkan penjualannya dan mengembangkan usahanya tidak terbatas hanya di wilayah Bangkalan saja.

Sekian Terimakasih :)

0 komentar:

Posting Komentar