Kamis, 19 Januari 2023

Pelatihan Aplikasi Pembukuan Digital "BukuKas" Kepada UMKM di Desa Gili Barat oleh KKNT 06 Gili Barat

Kegiatan workshop UMKM ini merupakan kelanjutan dari proker sebelumnya yaitu kegiatan pelatihan pembukuaan digital bagi pelaku UMKM menggunakan aplikasi Buku Kas. Ketika UMKM kacang sembunyi melakukan marketing penjualan produknya melalui shoppe dan terdapat pesanan yang banyak maka akan kesulitan dalam melakukan pencatatan laporan keuangannya. Maka dari itu, KKNT 06 Universitas Trunojoyo Madura melakukan pelatihan pembukuan digital melalui aplikasi buku kas yang memberikan kemudahan UMKM dalam melakukan pencatatan dan membuat laporan keuangan. Sehingga dengan adanya pelatihan penggunaan aplikasi buku kas diharapkan para UMKM lebih mengetahui keluar masuknya transaksi keuangan sehingga memudahkan pelaku UMKM dalam mengetahui keuntungan/kerugian serta dapat mengetahui jumlah persediaan yang tersisa dan jumlah persediaan yang akan dilakukan penstokan lagi.

Pelaksanaan kegiatan ini ditujukan untuk UMKM di Desa Gili Barat dan difokuskan untuk UMKM Kacang Sembunyi dikarenakan UMKM tersebut kesulitan dalam hal pembuatan laporan keuangannya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2023 di Balai Desa Gili Barat pada pukul 10.00 WIB – 11.30 WIB.

Dalam penerapan aplikasi buku kas pada UMKM Kacang Sembunyi, pelaku UMKM kesulitan dalam memahami penggunaan aplikasi tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap teknologi digital. Kami harap dengan dibuatkannya buku saku mengenai tata cara pengoperasian aplikasi BukuKas, masalah tersebut dapat teratasi.

Sekian terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar