Selasa, 17 Januari 2023

KKNT 06 UTM Membantu Mengajar di SDN Gili Barat

 

Kegiatan mengajar Sekolah Dasar dilakukan di SDN Gili Barat Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Sekolah ini terdiri dari kelas paralel A dan B dari kelas 1 hingga kelas 6. Kegiatan mengajar ini dilakukan dengan metode pembelajaran umum seperti membaca, menulis, dan mengulas ulang materi belajar yang telah dilakukan. Ada 3 macam topik yang berbeda yang diberikan di tiap minggunya, di minggu pertama belajar tentang materi bahasa Inggris menggunakan media online dan papan tulis dengan beberapa kosa kata dalam bahasa inggris, minggu kedua belajar sesuai mata pelajaran menggunakan media buku yang didapat dari sekolah dan di minggu terakhir belajar tentang bahasa Inggris dengan media pembelajaran “English Cards” dan “Telling Time”.

Mengajar SD dilakukan di SDN Gili Barat dengan 6 kali pertemuan selama tiga minggu dengan 2 kali pertemuan di tiap minggunya tepatnya pada tanggal 3, 4, 9, 10, 16, dan 17 Januari 2023 di hari selasa dan rabu di minggu pertama dan setiap hari senin dan selasa di minggu kedua dan minggu ketiga. Kegiatan ini dilakukan dimulai pukul 07.00 pagi hingga jam 09.30 pada waktu istirahat.

Kegiatan mengajar ini dilakukan dengan tatap muka di kelas, metode pembelajaran umum yang digunakan seperti membaca, menulis, dan mengulas ulang materi belajar yang telah dilakukan. Selain itu di minggu terakhir menggunakan metode pembelajaran berupa “English Cards” dan “Telling Time”. Media ini adalah media belajar menggunakan media sterofoam dan kertas warna warni yang berisi materi bahasa Inggris. Media pembelajaran tersebut hanya dilakukan di kelas 4 dan Kelas 5 yakni “English Cards” untuk kelas 4A dan “Telling Time” untuk kelas 5A

Kegiatan ini dilakukan guna membantu tenaga pengajar  memberikan pembekalan materi terkait dasar bahasa Inggris karena tidak adanya mata pelajaran tersebut di kelas 1, 3, 5, dan 6 SDN Gili Barat. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan pengalaman baru bagi siswa-siswi menggunakan media pembelajaran baru selain buku sekolah.

Sekian Terimakasih


0 komentar:

Posting Komentar