Selasa, 17 Januari 2023

Bimbingan Belajar Untuk Membantu Anak-Anak Desa Gili Barat Dalam Pengetahuan Dasar

 


Bimbingan belajar merupakan kegiatan belajar tambahan yang diberikan kepada anak untuk menambah ilmu pengetahuan diluar sistem kegiatan sekolah. Program kegiatan bimbingan belajar ini juga diadakan oleh kelompok KKNT 06 Universitas Trunojoyo Madura di Desa Gili Barat, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Konteks pembalajaran yang diajarkan yaitu membaca, menghitung, menulis dan mereview mata pelajaran yang telah dan akan diajarkan di sekolah.

Program bimbingan belajar ini bertujuan untuk anak TK hingga Sekolah Dasar. Kegiatan bimbingan belajar ini dilakukan sebanyak lima kali pertemuan, pada tanggal 28,29,30 dan 31 Desember di jam 09.00 sampai 10.00 WIB hal ini bertepatan dengan libur sekolah. Diadakan kembali pada tanggal 6 Januari di jam 15.15 hingga 16.15 WIB. Kegiatan belajar ini bertempat di Ruang Baca Desa Gili Barat.

Manfaat kegiatan bimbingan belajar ini, agar nantinya dapat memberikan bantuan kepada para peserta didik agar mendapatkan prestasi maupun hasil belajar yang lebih optimal di sekolah. Bimbingan belajar ini juga dapat mengembangkan kesadaran diri akan kemampuan untuk belajar dengan baik. Kegiatan bimbingan belajar yang diadakan menggunakan media pembelajaran buku yang mereka dapat dari sekolah serta pengenalan langsung dari anggota kelompok KKNT-06, tentunya juga menyesuaikan dari kemampuan anggota kelompok KKNT-06.

Hasil dari program bimbingan belajar ini tentunya menambah pengetahuan untuk peserta didik. Serta keseruan dalam bimbingan belajar, karena kelompok KKNT-06 menggunakan metode belajar yang menyenangkan dan membuat peserta didik menerima pengetahuan dengan baik. Kendala bimbingan belajar ini adalah banyaknya aktifitas anak Desa Gili Barat seperti mengikuti madrasah sepulang sekolah. Maka dari itu bimbingan belajar ini kebanyakan dilakukan saat libur sekolah.

Sekian Terimakasih :)

 




0 komentar:

Posting Komentar