Selasa, 17 Januari 2023

Kondisi Pendidikan Di Desa Gili Barat

 

Instansi pendidikan yang terletak di Desa Gili Barat adalah Sekolah Dasar Negeri Gili Barat. SDN Gili Barat terletak di dusun samuangan yang berdekatan dengan desa Gili Anyar. SDN Gili Barat mempunyai dua jenis kelas per tingkatan yaitu kelas A dan B dengan tota kelas adalah 12 kelas, akan tetapi jumlah ruang kelas yang tersedia hanya 10 kelas. Dengan jumlah ruang kelas yang lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kelas, SDN Desa Gili Barat menggabungkan kelas 1 A, B ke dalam satu kelas dan juga  kelas 2 A, B ke dalam satu kelas.

Fasilitas SDN Gili Barat masih terbilang kurang memadai dibandingkan dengan Sekolah Dasar disekitar kabupaten Bangkalan. Kurangnya jumlah ruang kelas yang dibutuhkan mengakibatkan kelas 1 A dan 1 B digabung menjadi satu kelas, begitu pula kelas 2 A dan kelas 2 B. penggabungan kelas tersebut membuat KBM kurang efektif dikarenakan perbedaan mata pelajaran yang diajarkan. SDN Gili Barat juga kurang baik dalam pengelolaan sampahnya yang mana pembuangan sampah dibuang di pojok sudut kawasan sekolah yang mengakibatkan SDN Gili Barat terlihat kumuh.

SDN Gili Barat juga mengalami masalah dalam pengadaan buku yang akan digunakan pada saat KBM. Buku yang harusnya disediakan oleh pemerintah sebelum semester baru dimulai sering mengalami keterlambatan, sehingga ketika KBM sudah berjalan para murid belum mendapatkan buku yang akan diajarkan. Perihal tersebut, para guru berinisiatif membeli buku dengan dana pribadi. Akan tetapi para guru tidak mewajibkan muridnya untuk membeli buku yang sama dikarenakan pernah diprotes oleh wali murid yang mengharapkan buku gratis dari pemerintah. Dikarenakan mayoritas murid yang tidak memiliki buku mata pelajaran, mengakibatkan KBM tidak berjalan efisien.

Untuk instansi pendidikan wajib lain seperti Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, Desa Gili Barat tidak memiliki instansi pendidikan selain sekolah dasar. Akan tetapi Desa Gili Barat mempunyai yayasan TK yaitu TK An-Nur.

Sekian Terimakasih :) 

0 komentar:

Posting Komentar