Kamis, 19 Januari 2023

Mahasiswa KKNT 06 membantu pelaksanaan program-program polindes di Desa Gili Barat



 Posyandu sebagai lembaga pelayanan kesehatan yang diintroduser oleh pemerintah ke pedesaan memiliki paket pelayanan minimal yang terdiri dari 5 program utama, yaitu: pelayanan keluarga berencana (KB), kesehatan ibu dan anak (KIA), imunisasi, perbaikan gizi, dan penanggulangan diare. Disamping itu terdapat pula program tambahan yang dilaksanakan melalui penyuluhan seperti penyuluhan gizi, bina keluarga balita, demam berdarah dengeu (DBD), perawatan anak, pengolahan makanan serta promosi hidup sehat. Posyandu di Desa Gili Barat dilaksanakan sebulan sekali yang lokasinya bergantian dengan dusun-dusun lain. 

Desa Gili Barat memiliki angka stunting yang lumayan tinggi sehingga akhir Desember lalu polindes mengadakan program perbaikan gizi bagi batita dan balita yang bertujuan untuk memperbaiki gizi batita dan balita di desa Gili Barat. Program tersebut dijalankan selama dua minggu. Perkembangan balita dan batita diukur dengan membandingkan data yang diambil sebelum dan sesudah program perbaikan gizi. 

Program diawali dengan pengukuran data batita dan balita selanjutnya setiap hari selama dua minggu, batita dan balita akan diberikan makanan yang mengandung banyak gizi. Di akhir program, data batita dan balita diukur kembali untuk dibandingkan dengan data sebelum program perbaikan gizi. Program perbaikan gizi tersebut memiliki efek yang bagus terhadap tumbuh kembang balita dan batita desa Gili Barat. Meskipun memiliki dampak yang bagus, kecil kemungkinannya orang tua masing-masing balita akan secara konsisten memberikan makanan yang bergizi kepada balita mereka, dikarenakan perekonomian masing-masing keluarga.

Sekian Terimakasih :)

0 komentar:

Posting Komentar