Kamis, 12 Januari 2023

Kegiatan Perawatan Masjid Oleh Mahasiswa UTM KKN 06 Gili Barat

 

        Perawatan masjid merupakan program kerja yang dilaksanakan rutin setiap hari jumat. Di Desa Gili Barat total ada 3 masjid yang digunakan untuk menyelenggarakan sholat jumat. Program ini merupakan permintaan kepala dusun untuk membersihkan semua masjid yang ada di Gili Barat, yaitu Dusun Tengginah, Dusun Pelalangan, Dusun Samuangan. Dikarenakan hal tersebut maka dibagi kelompok untuk setiap masjidnya, per kelompok berjumlah 5 orang dengan total mahasiswa 15 orang.

        Perawatan masjid dimulai pada pukul 07:00 setiap Jumat sampai selesai. Untuk Dusun Samuangan, perawatan masjid dimulai dengan membersihkan karpet-karpet dari debu menggunakan sapu lidi, dilanjutkan dengan menyapu dan mengepel lantai, dan diakhiri dengan menata semua karpet sehingga siap dipakai untuk menjalankan sholat jumat.

Kegiatan Perawatan Masjid ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat desa gili barat untuk bergotong royong membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar yang bersih dari penyakit. Kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjadikannya sebagai kegiatan rutin desa pada hari jumat sebelum melakukan ibadah sholat jumat, serta menjadikannya sebagai pembelajaran bagi anak-anak kecil yang ada di Desa gili barat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar