Jumat, 11 Januari 2019

Produk Unggulan Pengolahan Buah Juwet menjadi “Kopi”


Pengolahan Buah Juwet menjadi “Kopi”


Duwet (Eugenia Cumini) Mengandung Beberapa Senyawa Kimia Yang Terdapat Pada Beberapa Bagian Diantaranya, Pada Buah Terkandung Senyawa Penyamak Tanin, Minyak Terbang, Damar, Asam Gallus, Dan Glikosida,Asam Galat, Triterpenoid. Pada Biji Terkandung Senyawa Tanin, Asam Galat, Glukosida Phytomelin, Dan Alfa-Phytosterol Yang Bersifat Anticholestemik, Minyak Atsiri, Jambosin (Alkaloid), Triterpenoid.

Zat Tanin, Asam Galat,Dan Senyawa Alkaloid (Jambosin) Mempunyai Kemampuan Menurunkan Kadar Glukosa Darah. Selain Itu, Senyawa Alkaloid (Jambosin) Juga Dapat Meningkatkan Konsentrasi Insulin Plasma. Didesa Gili Barat Banyak Pohon Juwet Yang Belum Dimanfaatkan Buahnya, Buah Hanya Di Makan Dan Bijinya Di Buang Begitu Saja Sehingga Kami Mempunyai Inovasi Unuk Membuat Biji Juwet Sebagai Kopi.


Gambar. Pelatihan Kopi Juwet Bersama Warga


Di desa Gili Barat terdapat banyak tanaman Juwet . Tanaman ini sangat banyak dijumpai di daerah ini dan pada musimnya masyarakat jarang mengolah tumbuhan ini karena rasanya yang asem.Disini Kelompok kami membuat olahan juwet yang bisa dimanfaatkan masyarakat desa gili barat ini yaitu dengan membuat produk kopi biji juwet. Setelah produk ini jadi kemudian bisa dimasukkn kemasan yang menarik sehingga dapat diperjualbelikan secara luas dan harganya bisa mencapai sekitar Rp.20000 setiap 2 0ns bungkus Kopi. Produk ini dapat dijadikan peluang usaha bagi masyarakat khususnya bagi ibu rumah tangga.

A) Alat dan Bahan
1. Blender
2. Wajan
3. Sutil
4. Kompor
5. Biji Buah Juwet
6. Plastik Pembungkus



B) Prosedur Pembuatan

1. Kumpulkan Buah Juwet



2. Pisahkan Buah Juwet dari tangkainya



3. Pisahkan buah juwet dari bijinya



4. Setelah Biji Terkumpul,Keringkan Biji Di Bawah Sinar Matahari



5. Setelah Biji Kering, Goreng Biji Juwet Sampai Matang



6. Haluskan Biji Juwet
7. Bungkus Kopi Juwet dan berikan label
Hasil Produk Kopi Juwet



0 komentar:

Posting Komentar