Rabu, 02 Januari 2019

PELATIHAN PEMBUATAN MIE KANGKUNG BERSAMA MASYARAKAT DESA GILI BARAT


Pemanfaatan Kangkung menjadi Olahan Favorite“Mie Kangkung”


Kangkung, juga dikenal dengan istilah bayam air, adalah tanaman perairan yang banyak ditemui di daerah rawa-rawa. Tanaman ini banyak ditemui di negara-negara Asia. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam sayur kangkung sangat tinggi. Bahkan dalam secangkir kangkung yang sudah disiangi (kira-kira 56 gram), Anda bisa memenuhi 70 persen kebutuhan vitamin A harian serta 51 persen kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, kangkung juga kaya akan berbagai mineral penting seperti kalium, kalsium, magnesium, zat besi, serta zat fosfor.

Kangkung merupakan buah tropis karena itu buah ini banyak sekali ditemukan indonesia salah satunya di desa Gili Barat, kecamatan Kamal kabupaten bangkalan. Masyarakat desa ini hanya mengetahui pengolahan sayuran ini dengan di rebus atau di buat tumis kangkung dan seringkali hanya digunakan untuk makan ternak. Berkaca dari hal tersebut sayang rasanya sayuran yang tergolong banyak manfaat itu hanya dimanfaatkan seperti itu, maka dari itu pada kesempatan KKN ini kami memberikan terobosan untuk membuat olahan dari kangkung agar manfaatnya terasa bagi masyarakat dan sekitarnya dan disukai oleh semua kalangan.



Berikut merupakan olahan-olahan produktif yang kami sampaikan kepada masyarakat yaitu “MIE KANGKUNG” merupakan makanan yang sangat disukai oleh masyarakat pada umumnya. Sesuai dengan namanya, mie kangkung terbuat dari bahan dasar kangkung yang sudah matang kemudian diolah dengan berbagai macam bahan tambahan lainnya misalnya seperti tepung terigu dll, sehingga membuat mie kangkung ini memiliki rasa yang enak, kenyal dan lembut. Mie kangkung dapat dijadikan sebagai makanan sehat tanpa pengawet yang biasa disajikan ketika sedang santai nonton tv atau berkumpul bersama keluarga.



0 komentar:

Posting Komentar