Rabu, 02 Januari 2019

Pelatihan Pemanfaatan Jagung sebagai Penghasil Pangan Local “ Ice Cream Cronis”


Pemanfaatan Jagung sebagai penghasil pangan local “ Ice Cream Cronis”

Cookies Jagung

Ice Cream Jagung

Desa Gili Barat terletak di Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan yang memiliki luas administrasi 4.80 (Km2)/480,16 Ha. Desa Gili Barat merupakan salah satu desa yang memiliki letak cukup strategis. Mayoritas dari penduduk Desa Gili Barat sendiri berprofesi sebagai petani. Pangan di Desa Gili Barat cukup membaik hasil tanam yang dilakukan oleh warga atau para petani kebanyakan seperti jagung, padi, ubi jalar dan masih banyak yang lainnya. Mahasiswa yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2018 Universitras Trunojoyo Madura (UTM) wajib membantu dan membuat ide untuk meningkatkan perekononmian desa.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik kelompok 65 menciptakan produk yang berbahan pokok Jagung. Jagung kerap dijadikan sumber makanan pokok. Akan tetapi jagung ini hanya dijadikan sebagai makanan pendamping nasi atau dijual saja tanpa di olah. Disini kelompok KKN 65 membuat makanan kreasi jagung yang unik dan bisa dinikmati oleh semua kalangan seperti Ice Cream Jagung dan Cookies Jagung yang berbahan dasar jagung.






Adapun alasan mengapa kelompok KKN 65 memilih jagung sebagai Produk Kreatif? Karena penanaman jagung yang mudah di Desa Gili Barat dan juga banyaknya manfaat karena tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi.

0 komentar:

Posting Komentar