Kamis, 24 Januari 2019

Merubah Sampah Plastik Menjadi Barang Ekonomis

Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Barang Ekonomis


Sampah plastik merupakan sampah yang paling banyak dibuang oleh manusia karena banyak orang yang menggunakan plastik untuk keperluannya sehari-hari entah itu perorangan, toko, maupun perusahaan besar. Sampah plastik sangat sulit diuraikan oleh bakteri pengurai. Apabila ditimbun dalam tanah untuk menguraikannya butuh waktu berjuta-juta tahun. Dan apabila dibakar hanya akan menjadi gumpalan dan butuh waktu lama untuk mengurainya. Pada akhirnya daur ulang sampah plastiklah yang harus kita lakukan. Tidak hanya menyelamatkan lingkungan dari pemanasan global, tetapi juga dapat mendatangkan keuntungan ekonomi.

A. Alat dan Bahan

a. Gunting

b. Bungkus kopi

B. Prosedur Pembuatan

a. Bersihkan semua bungkus kopi sehingga siap untuk digunakan. Jangan sampai ada sisa kopi di dalamnya. Cuci bersih dan keringkan dengan lap kering.
b. Buang bagian bungkus atas dan bawah sehingga menyisakan bagian tengah bungkus yang terbuka. c. Mulailah melipat bungkus yang sudah digunting tadi. Bisa dengan melipat hingga terlihat bagian dalam bungkus kopi yang berwarna perak. Bisa juga dengan membiarkan sampul bungkus terlihat jelas. Kemudian lipat tiap sisi sebesar 1cm ke dalam baik di ujung atas maupun ujung bawah bungkus kopi. 
d. Selanjutnya mulailah menganyam bungkus kopi satu demi satu hingga terlihat bentuk anyaman mirip ketupat seperti yang terlihat di bawah ini. 
e. Gabungkan antara anyaman satu dengan yang lain hingga membentu serangkaian anyaman seperti gambar di bawah ini. 
f. Kemudian tambahkan tali tas dan resleting. Ini bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Apakah mau menggunakan tali tas pendek, atau mau menggunakan tali tas panjang. Ragam tali yang dipilih juga bisa dengan bungkus kopi atau bisa juga pakai bahan lain. Untuk yang satu ini tergantung kreatifitas dan kesukaan masing-masing. 
g. Terakhir supaya tas dapat digunakan optimal, sisipkan kain furing di bagian dalam tas. Karena bentuk fisik tas yang penuh lubang anyaman bisa jadi kurang kuat untuk menyimpan berbagai macam barang. Dengan menggunakan furing maka benda kecil seperti permen dan bolpen lebih aman dan tidak jatuh ke luar. 
Hasil Olahan Sampah Plastik
Pengolahan limbah plastik (botol minuman) sebagai tempat pensil

1. Alat dan Bahan
a. Botol plastik
b. Gunting
c. Kain Flanel
d. Lem
e. Kertas bufallo
f. Kertas kado 

2. Prosedur Pembuatan
a. Siapkan sebuah botol plastik, dari merk apapun boleh. Bersihkan dan keringkan.
b. Gunting botol dengan tinggi dari dasar botol plastik kira-kira 3/4 panjang ukuran botol plastik. Ambil potongan botol plastik bawah.
c. Gunting kain flanel (ketika menggunting kain flanel jangan disesuaikan dengan ukuran botol, kertas dilebihi sekitar 1-2 cm).
d. Letakkan kain flanel dibotol yang sudah dipotong dan lem agar flanel dan botol menyatu.
e. Membuat aksesoris dengan kertas buffalo dan kain flanel.
f. Menempelkan aksesoris dibotol. 
Hasil Pengolahan Produk Botol







0 komentar:

Posting Komentar